Thursday, March 13, 2008

Anak Tidur lebih dari 3 jam??

Saya membaca pertanyaan yang ditanyakan oleh
Nina Nuraeni

"Lam kenal mbak...kalau anak tidur siangnya kelamaan(3 jam kadang lebih), apa perlu dibangunin ga ya ?tx"



Trimakasih buat mbak Nina yang sudah bertanya, Jadi di artikel sebelumnya (Tdur bayi yang berkualitas) sudah dijelaskan mengenai pola tidur bayi, saya tuliskan kembali bahasan tentang tidur bayi....

Pola tidur
Pola tidur bayi dan batita akan berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Bayi yang baru lahir biasanya akan tidur selama 16-20 jam dalam satu hari. Pada umur itu pola tidur tak teratur, lama tidur siang dan malam hampir sama, lebih dipengaruhi oleh rasa lapar dan kenyang bayi.

Pada usia 2-12 bulan, umumnya bayi tidur selama 9-12 jam pada malam hari dan tidur siang 1-4 kali sehari. Ketika berumur 12 bulan-3 tahun, si kecil biasanya tidur selama 12-13 jam sehari, dengan tidur siang rata-rata satu kali saja dalam sehari pada usia 18 bulan.

Anak berumur tiga tahun yang tidur siang akan memiliki kemampuan lebih dalam menyesuaikan diri. Hal itu sangat penting dalam menentukan keberhasilan di sekolahnya. Pada usia empat tahun, anak bisa tidak lagi membutuhkan tidur siang. Tidur pagi dan siang (nap) berkaitan erat dengan lamanya atensi, quiet alert, dan cepatnya proses pembelajaran.

Pola tidur bayi dan batita memang bervariasi. Tapi, dalam satu bulan setelah bayi lahir, seharusnya ritme tidur dan bangun yang rutin sudah dapat terbentuk. Waspadalah jika hingga umur enam bulan ia masih belum memiliki pola tidur yang relatif teratur, karena itu bisa berarti ia memiliki masalah tidur.


Jadi.....Bila anak tersebut adalah bayi yang baru lahir dibawah 19bulan maka tidur siang selama 3 jam itu wajar, apalagi ketika dia benayak beraktifitas. Dan seperti penjelasan diatas bahwa, perlu diwaspadai ketika bayi sudah berumur 6 bln keatas dan masih tidak mempunyai jadwal tidur atau ritme tidur yang belum tepat perlu di perhatikan khusus, karena keadaan tersebut dipicu oleh kualitas tidur yang kurang baik.

Namun, saran saya untuk masalah ini, lebih baik porsi tidur anak diatur sedemikian rupa sehingga si anak memilikt porsi porsi tidur yang efektif dan efisien. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan jadwal tidur yang konsisten pada anak.
Semoga jawaban ini bermanfaat, bila masih ingin bertanya lebih lanjut bisa mengirimkan e-mail ke r4ni_2703@yahoo.com

Selamat membaca

search